Sekdaprov Heru Tjahjono saat membuka Seminar Internasional

Sekdaprov Heru Tjahjono saat membuka Seminar Internasional



Sekretaris Daerah Prov. (Sekdaprov) Jatim, Heru Tjahjono meminta kepada seluruh pelaku industri kecil dan menengah (IKM) serta usaha kecil dan menengah (UKM) di Jatim agar memahami selera pasar internasional yang diinginkan. Hal itu disampaikan agar mereka bisa menjangkau dan bahkan bersaing di pasar internasional. 

“Harus bisa melihat pasar, karena desain Eropa dan desain Asia ini memang selalu bergerak. Ini pasar, ini yang harus kita manage dan kita tangkap agar nanti apa yang diproduksi oleh IKM dan UKM ini betul-betul apa yang diinginkan oleh pasar,” kata Sekdaprov Heru Tjahjono saat membuka Seminar Internasional dengan tema Merajut Peluang dan Strategi Ekspor Produk Jawa Timur Menembus Pasar Internasional di Grand City Surabaya, Rabu (9/10) pagi.

Heru Tjahjono meyakini bahwa sebuah kreativitas dan nilai seni yang tinggi dengan melihat selera pasar, maka akan mampu mendorong produk-produk lokal karya para IKM dan UKM dapat bersaing di pasar Internasional. 

Lebih lanjut Heru Tjahjono menyampaikan, para pelaku IKM dan UKM juga sebagai pahlawan. Karena produk-produk yang dihasilkan mampu menjadi komoditi yang berkontribusi besar untuk Jatim. Dan bahkan, sektor tersebut mampu menjadi komoditi yang tidak mudah terpengaruh terhadap inflasi. 

“Karena UKM dan IKM memiliki kemampuan besar untuk mendukung pertumbuhan ekonomi di Jawa Timur,” jelasnya. 

Mantan Bupati Tulungagung ini berharap agar para pelaku IKM dan UKM mampu mengaplikasikan apa yang sudah didapatkan setelah mengikuti seminar Internasional ini. Sehingga, lewat acara tersebut nantinya akan ada feedback positif yang dihasilkan baik untuk IKM dan UKM.

“Saya berharap khususnya pelaku UKM dan IKM harus betul-betul memanfaatkan ini. Karena pasar Internasional baik di Asia maupun di Eropa itu memiliki perbedaan desain, perbedaan pasar,” harapnya.

 


End of content

No more pages to load