6 Ikan Ajaib Ini Bisa Berjalan dan Hidup di Daratan

Belut Dinosaurus (istimewa)
Belut Dinosaurus (istimewa)

SURABAYATIMES, MALANG – Ikan adalah hewan laut yang menggunakan insang untuk bisa bernafas di dalam air, maka dari itu mereka tidak bisa lama-lama hidup di darat.

Tapi siapa yang menyangka kalau ada ikan yang bisa bertahan hidup di darat, bahkan ada ikan yang bisa hidup hingga puluhan tahun tanpa air.

Berikut ini ada beberapa contoh ikan yang bisa hidup lama di daratan.

 

1. Lumba-Lumba dan Paus

Salah satu mamalia yang memiliki paru-paru adalah lumba-lumba dan paus. 

Sebagai ikan ia tentu beraktivitas di air, tapi karena juga membutuhkan oksigen maka sering muncul dipermukaan.

Kulit lumba-lumba ini juga mampu memperkecil gesekan dengan air, sehingga lumba-lumba dapat berenang dengan sedikit hambatan air dan membuatnya bisa bertahan di luar air, meskipun hanya beberapa menit saja.

2. Belut Sawah

Belut sawah adalah salah satu jenis ikan yang bisa hidup di air sangat sedikit, biasanya dapat kalian temukan di rawa-rawa dan termasuk jenis hewan infasi seperti hewan lele.

Belut ini biasanya membuat sarang di lumpur, lalu bertelur, dan telur akan menetas mengeluarkan belut-belut junior yang semuanya adalah betina.

Selain itu belut sawah ini juga ternyata bisa menghirup udara tanpa air, dan hidup di suhu yang lebih rendah serta kering.

3. Lele Jawa

Ikan berkumis lele jawa adalah salah satu ikan yang bisa hidup di darat loh, makanya saat tidak ada air di sekitar tempatnya ikan ini masih bisa hidup dan masih bisa bergerak lincah.

Karena ikan ini memiliki organ pernapasan yang memungkinkannya dapat menghirup udara di luar, alat pernapasan tambahan yang membantunya di darat disebut arborescene.

Yang merupakan sebuah organ membran yang berlipat-lipat penuh dengan kapiler darah, organ ini ternyata berada di ruangan yang bersebelahan dengan insangnya.

4. Belut Dinosaurus

Belut dinosaurus memiliki insang dan paru-paru, makanya mereka bisa bernafas di air dan juga bisa hidup di darat.

Hewan ini ternyata juga merupakan kerabat dekat dengan eusthenopteron yaitu hewan laut pertama yang bisa berjalan di daratan. 

Maka tidak heran jika belut ini malah bisa jalan-jalan ke hulu, untuk menghirup udara melalui kulitnya.

Nah, karena masih mempertahankan fisiologinya yang bisa mengembangkan otot siripnya serupa dengan tangan itulah yang bisa dipakainya untuk bergerak di daratan.

5. Mangrove Rivulus

Ikan Mangrove Rivulus adalah ikan yang mampu hidup di darat selama 2 bulan lamanya, ikan ini biasanya ditemukan di rawa-rawa tropis seperti di Brazil dan Florida.

Jika hidup di darat, ikan ini akan diam saja meringkuk di atas pohon bakau, arena pada saat di darat fungsi insannya itu akan buruk dan ia akan bernafas melalui kulitnya.

Selain itu ikan ini malah bisa melompat saat di darat, ia melompat dengan menggunakan ekornya dan jika ada serangan kecil ekornya ini akan membantu melompat untuk menangkap mangsa tersebut.

6. Gabus Utara

Ikan Gabus Utara ini memiliki nama ilmiah Channa Argus atau spesies ikan yang juga bisa hidup lama-lama di darat. 

Ikan yang berasal dari China, Korea dan Rusia, ini bisa bertahan di darat selama 4 hari.

Bisa berlama-lama keluar dari air, baik di lingkungan yang berlumpur maupun yang lembab. 

Maka saat air di tempat mereka mengering, ikan ini bisa berjalan menuju daratan dan mencari tempat baru untuk mengubur diri di dalam lumpur sampai kembali berair.

Selain itu ikan ini juga disebut sebagai predator air tawar yang sangat berbahaya, ia bisa melahap habis ikan-ikan lainnya di dalam tambak.

Nah karena kemampuannya bisa bertahan di daratan, ia akan membangun sarang pada musim kawin di antara tumbuhan dekat air.

 

Pewarta : Hendra Saputra
Editor : Heryanto
Publisher : Sandi Alam
Sumber : Malang TIMES
-->
Redaksi: redaksi[at]surabayatimes.com

Informasi pemasangan iklan
hubungi : info[at]surabayatimes.com | marketing[at]surabayatimes.com
Top