Melek Digital, Pemkot Malang Gelar Perlombaan AIKID

Suasana technical meeting ajang AIKID di Balai Kota Malang (Foto: Istimewa)
Suasana technical meeting ajang AIKID di Balai Kota Malang (Foto: Istimewa)

SURABAYATIMES, MALANG – Terus memacu pada era industri 4.0, Pemerintah Kota (Pemkot) Malang terus berupaya memberdayakan pejabat dan masyarakat untuk melek digital.

Tuntutan kebutuhan masyarakat dalam era informasi digital tersebut bisa diberdayakan melalui Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam memberikan pelayanan publik.

Karenanya, melalui Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kota Malang, digelar ajang Anugerah Inovasi dan Kreativitas Informasi Digital (AIKID). Kegiatan yang sudah digelar untuk keempat kalinya ini, melibatkan Organisasi Perangkat Daerha (OPD) di lingkungan Pemerintah Kota Malang, Kelurahan, dan juga SMP.

Kepala Diskominfo Kota Malang, Tri Widyani Pangestuti mengatakan kegiatan tersebut diadakan sebagai bentuk monitoring, evaluasi, dan meningkatkan pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) oleh OPD dan unit kerja di lingkungan Pemerintah Kota Malang.

"Karena untuk menciptakan good governments dibutuhkan perkembangan informasi termasuk juga layanan - layanan publik yang dilakukan oleh seluruh OPD se-Kota Malang. Salah satunya apa, melalui media website dan juga media sosial," ujar dia usai acara Technical Meeting bersama puluhan peserta AIKID di Balaikota Malang, Kamis (13/6).

Dalam kompetensi ini, prinsip pelayanan yang dibutuhkan masyarakat menurut dia selain cepat juga murah. Karenanya, melalui dunia digital tersebut akan dimulai dengan memberikan pelayanan melalui sebuah aplikasi.

"Makannya kita ingin terapkan pelayanan melalui aplikasi. Saat ini, tidak menutup ya memang untuk membawa semua OPD ke dunia digital tidaklah mudah. Melalui kompetisi ini sekaligus melatih masyarakat pencari informasi untuk melek IT, dan ASN juga tidak boleh anti medsos harus selalu update," imbuhnya.

Kegiatan ini akan berlangsung hingga tanggal 30 Agustus 2019 dengan beberapa kriteria penilaian. Yakni, kategori website terbaik OPD, Sekretafiat, dan BUMD. Kemudian kategori website terbaik Kelurahan, dan kategori website terbaik SMP Negeri, kategori website favorit, media sosial terfavorit.

"Melalui perlombaan ini kita juga ingin membangkitkan motivasi para OPD untuk jangan sampai website dan medsosnya dibiarkan begitu saja. Ini juga sebagai bentuk apresiasi bagi mereka dibalik layar dalam memajukan dan memberikan informasi mengenai Kota Malang. Karena mereka ini ujung tombak, salah ketik atau comment yang jelek pimpinan daerahnya," pungkas dia.

Pewarta : Arifina Cahyati Firdausi
Editor : A Yahya
Publisher : Sandi Alam
Sumber : Malang TIMES
-->
Redaksi: redaksi[at]surabayatimes.com

Informasi pemasangan iklan
hubungi : info[at]surabayatimes.com | marketing[at]surabayatimes.com
Top