Ini Nama-Nama Kampus di Malang yang Masuk dalam Ranking Webometrics 2019

UIN Maulana Malik Ibrahim/UIN Malang. (Foto: Istimewa)
UIN Maulana Malik Ibrahim/UIN Malang. (Foto: Istimewa)

SURABAYATIMES, MALANG – Calon mahasiswa telah melaksanakan SNMPTN 2019 pada 4-14 Februari. Bagi yang gagal lolos SNMPTN 2019, calon mahasiswa mengikuti SBMPTN melalui Ujian Tes Berbasis Komputer (UTBK) pada 13 April – 26 Mei 2019.

Jika hasil UTBK cukup untuk mendaftar di jurusan dan kampus impian, prosesnya tentu lebih mudah. Namun, kalau ternyata tidak cukup, siswa masih punya waktu mendaftar ke kampus lain yang sesuai dengan hasil UTBK.

Proses pendaftaran SBMPTN ini berlangsung cukup lama yakni selama dua minggu pada tanggal 10–24 Juni 2019. Tahap akhir dari rangkaian seleksi penerimaan mahasiswa baru ada di tanggal 9 Juli 2019, bertepatan dengan pengumuman hasil SBMPTN.

Nah, tentunya kamu tidak ingin salah pilih universitas dan ingin memasuki universitas yang berkualitas. Di sini, riset adalah hal yang penting dalam tahap ini. Salah satu yang bisa dilakukan adalah mengecek ranking universitas melalui Webometrics.

Webometrics adalah salah satu perangkat atau sistem untuk mengukur atau memberikan penilaian terhadap kemajuan seluruh universitas atau perguruan tinggi terbaik di dunia (World Class University) melalui Website universitas tersebut.

Lima urutan kampus terbaik di dunia versi Webometrics di antaranya Harvard University, Stanford University, Massachusetts Institute of Technology, University of Oxford, dan University of California Berkeley.

Ada sejumlah kampus di Malang yang masuk dalam Webometrics. Berikut ini 6 kampus di Malang yang masuk dalam ranking Webometrics 2019.

1. Universitas Brawijaya (UB)
Universitas Brawijaya (UB) menduduki peringkat ke 1524 dalam Webometrics dunia. Sedangkan di Indonesia, UB menduduki peringkat ke enam di bawah Universitas Gadjah Mada (UGM), Universitas Indonesia (UI), Institut Teknologi Bandung (ITB), Institut Pertanian Bogor (IPB) dan Universitas Diponegoro (UNDIP). Universitas negeri yang terletak di Jalan Veteran ini sudah memegang akreditasi A dari BAN-PT (Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi) pada tanggal 11 September 2014.

2. Universitas Negeri Malang (UM)
Universitas Negeri Malang (UM) menduduki peringkat ke 4044 dalam Webometrics dunia. Sedangkan di Indonesia, UM menempati peringkat ke 40. UM termasuk dalam lima puluh universitas unggulan Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi. Pada tahun 2014, UM mendapatkan akreditasi A dengan nilai 372, sedikit di bawah Universitas Gadjah Mada (378) dan Institut Pertanian Bogor (375).

3. Universitas Islam Negeri (UIN) Maulana Malik Ibrahim Malang
UIN Malang menduduki peringkat ke 4202 dalam Webometrics dunia. Sedangkan di Indonesia, UIN Malang menempati peringkat ke 46. 9 April 2019 lalu, UIN Malang berhasil meraih kembali akreditasi A dari BAN-PT.

Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTKIN) ini selama ini telah diapresiasi dunia melalui konsep integrasinya. Di luar sana, UIN Malang dikenal sebagai pelopor dalam upaya untuk mengintegrasikan antara science, teknologi, seni, dan agama.

Hal itu diwujudkannya dalam bentuk mengintegrasikan dua lembaga, yang pertama adalah lembaga pendidikan pesantren, yang kedua adalah lembaga pendidikan tinggi. Melalui dua lembaga ini, maka UIN menghasilkan orang-orang yang mempunyai kedalaman spiritual dan keagungan akhlak, selain itu juga menghasilkan keluasan ilmu dan kematangan profesional.

4. Universitas Muhammadiyah Malang (UMM)
Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) menduduki peringkat ke 4585 dalam Webometrics dunia. Sedangkan di Indonesia, UMM menempati peringkat ke 55. Perguruan tinggi swasta ini terakreditasi "A" dengan Nomor SK: 074/SK/BAN-PT/Ak-IV/PT/II/2013, yang berpusat di kampus III terpadu Universitas Muhammadiyah Malang, Jalan Raya Tlogomas 246 Kota Malang, Jawa Timur.

5. Poltekkes Kemenkes Malang
Poltekkes Kemenkes Malang menduduki peringkat ke 4828 dalam Webometrics dunia. Sedangkan di Indonesia, Poltekkes Kemenkes Malang menempati peringkat ke 65. Kampus yang beralamat di Jalan Besar Ijen No.77C Malang ini telah mendapat akreditasi peringkat B oleh BAN-PT pada tahun 2015.

6. Universitas Tribhuwana Tunggadewi Malang (UNITRI)
Universitas Tribhuwana Tunggadewi (UNITRI) menduduki peringkat ke 5143 dalam Webometrics dunia. Sedangkan di Indonesia, UNITRI menempati peringkat ke 72. Kampus swasta yang beralamat di Jalan Telaga Warna, Tlogomas Malang ini telah mendapatkan Akreditasi B oleh BAN-PT pada 04 Desember 2018.

Pewarta : Imarotul Izzah
Editor : A Yahya
Sumber : Malang TIMES
-->
Redaksi: redaksi[at]surabayatimes.com

Informasi pemasangan iklan
hubungi : info[at]surabayatimes.com | marketing[at]surabayatimes.com
Top