Sepatu Ramah Lingkungan, seperti Apa Ya?

Plant Shoe, sepatu ramah lingkungan. (Foto: Istimewa)
Plant Shoe, sepatu ramah lingkungan. (Foto: Istimewa)

SURABAYATIMES, MALANG – Berbicara fashion tidak melulu soal baju atau aksesori. Faktor penunjang lainnya seperti sepatu juga menjadikan fashion seseorang terlihat lebih menarik.

Namun, kali ini berbeda dengan sepatu yang sering dijumpai pada umumnya. Ya, sepatu berjenis sneaker bernama Plant Shoe buatan perusahaan Native Shoes ini hadir sebagai sepatu yang ramah lingkungan.

Bagaimana tidak. Bahan sepatu ini 100 persen terbuat dari tanaman. Dilansir dari berbagai sumber, Plant Shoe ini terbuat dari laktase hevea alami dengan kulit nanas dan kapas organis. Terdiri atas sulaman goni minyak zaitun, papan strobel kayu putih dan midsole gabus yang disatukan dengan lem lateks.

Seperti diketahui, bahaya dari sampah plastik dan organik sangat butuh ratusan bahkan ribuan tahun untuk dapat terurai dengan tanah. Karena itu, banyak desainer dunia yang berlomba untuk mampu membuat karya apik dalam kebaikan lingkungan.

Mike Belgue, creative director Native Shoes yang membuat desain sepatu ramah lingkungan ini. Tak hanya memanfaatkan apa yang sudah ada untuk dibuat menjadi sepatu, dia juga menekankan kepada desain sneaker yang serbaguna, tanpa musim, tanpa jenis kelamin dan mudah beradaptasi dengan situasi apa pun.

Plant Shoe menjadi salah satu inovasi luar biasa dan bermanfaat karena mengutamakan kelestarian lingkungan. Ketika sepatu ini rusak dan tidak terpakai, ia akan terurai dengan tanah secara alami. Proses penguraian sneaker yang satu ini bakal terjadi dalam kurun waktu 45 hari setelah terpapar langsung dengan bakteri dan mikroorganisme.

Plant Shoe dibanderol harga USD 300 atau Rp 4,3 juta dengan varian warna putih saja. Kelebihan lainnya, sneaker ini tidak mengancam lingkungan karena murni terbuat tanpa bahan kimia dan sintetis.

Pewarta : Arifina Cahyati Firdausi
Editor : Yunan Helmy
Publisher : Sandi Alam
Sumber : Malang TIMES
-->
Redaksi: redaksi[at]surabayatimes.com

Informasi pemasangan iklan
hubungi : info[at]surabayatimes.com | marketing[at]surabayatimes.com
Top