Fitur baru, IGTV Sudah Bisa Dilihat di Feed Instagram

Ilustrasi IGTV
Ilustrasi IGTV

SURABAYATIMES, MALANG – Saat ini tak sedikit masyarakat yang menggunakan aplikasi smarphone bernama Instagram. 

Tak hanya sebagai sarana ajang pamer foto atau hanua sekadar nyampah di history instagram.

Dilansir dari tekno.tempo.co, aplikasi instagram telah meluncurkan fitur terbarunya. Yaitu IGTV sudah bisa di lihat di feed instagram.

Instagram meluncurkan fitur baru untuk menampilkan cuplikan IGTV di feed. 

Jika orang yang pengguna ikuti mengunggah video IGTV baru, pengguna akan melihat cuplikan video tersebut di feed, sebelum menonton video secara lengkap di IGTV.

Berdasarkan keterangan Instagram, Kamis, 7 Februari 2019, melalui fitur tersebut, Instagram ingin memudahkan pengguna untuk menemukan dan menonton konten video terbaru dari orang yang mereka ikuti. 

Untuk melihat cuplikan video IGTV, ada beberapa langkah yang harus dilakukan pengguna, berikut langkah tersebut:

1. Saat menjelajahi Feed, pengguna harus menekan video yang muncul di Feed untuk membunyikan suara di dalam video tersebut.

2. Apabila pengguna ingin melanjutkan menonton videonya secara lengkap, tekan ikon IGTV di sudut kiri bawah layar.

3. Setelah IGTV video selesai, pengguna akan secara otomatis kembali ke Feed pengguna.

4. Untuk melihat video-video IGTV lainnya, pengguna cukup menggeser video yang sedang diputar ke atas, dan Instagram akan menampilkan browser IGTV untuk menemukan video-video baru lainnya.

Munculnya fitur tersebut juga membuat para kreator yang penting bagi IGTV dapat membagikan cuplikan video IGTV dengan durasi satu menit di Feed setelah mereka memposting konten terbaru. 

Juga membagikan cuplikan video IGTV dengan durasi satu menit di profil pribadi setelah mereka memposting video IGTV baru.

Sejak peluncurannya, fitur IGTV Instagram fokus untuk menghubungkan pengguna dengan para kreator dan konten-konten yang disukai, baik dari kreator yang diikuti maupun yang belum pernah ditemukan sebelumnya. 

Instagram telah melakukan pembaruan fitur untuk memudahkan para pengguna dalam menemukan dan membagikan konten IGTV, seperti IGTV di Explore, membagikan video IGTV ke Instagram Stories, menyimpan video IGTV dan memasukkan video IGTV ke dalam website.

Sementara itu, banyak warganet pengguna Instagram manyambut gembira dengan adanya fitur tersebut. 

Tak hanya kalangan remaja saja, namun para wirausahawan, terutama yang usahanya berada di rumah, mereka cukup senang dengan adanya fitur terbaru tersebut.

"IGTV itu sarana nyampah di Instagram, tapi durasinya lama, jadi kalo masuk feed gitu enak, bisa gampang pantenginnya, lebih gampang kalo mau ngeliat aktivitasnya" kata Dinda mahasiswa di Kota Malang

Hal tersebut tak hanya dirasakan oleh kalangan remaja saja, namun wirausahawan seperti Dyna juga menggunakan IGTV sebagai sarana promosi usahanya.

"Kalo posting foto itu di kronologinya, kalo promo - promo di kronoli juga paling sering di story, tapi proses pembuatan menu sampe packing itu di IGTV, soalnya durasinya lama, kalo masuk feed enak, pada tau prosesnya pelanggan saya" ujar Dyna.

Tentunya adanya fitur tersebut cukup menguntungkan bagi banyak pihak. 

Sebab, di igtv bisa mengunggah video berdurasi cukup lama, tidak seperti IG Story atau kronologi yang hanya bisa mengunggah video maksimal berdurasi 1 menit saja.

Pewarta : Luqmanul Hakim
Editor : Heryanto
Publisher : Yogi Iqbal
Sumber : Malang TIMES
-->
Redaksi: redaksi[at]surabayatimes.com

Informasi pemasangan iklan
hubungi : info[at]surabayatimes.com | marketing[at]surabayatimes.com
Top