Di Pusat Segi Tiga Emas Surabaya, Pasar Tunjungan Malah Mati Suri (7)

Revitalisasi Butuh Anggaran Sampai 100 Miliar

Kondisi Pasar Tunjungan
Kondisi Pasar Tunjungan

SURABAYATIMES – Wacana revitalisasi Pasar Tunjungan ternyata sempat ada. Hanya saja biayanya tidak kecil.

Namun itu bukanlah hal yang mustahil. Mengingat besarnya APBD Pemkot Surabaya tahun 2019 ini yang hampir mencapai Rp 10 triliun.

Zandi Ferryansa Direktur Teknik dan Usaha Perusahaan Daerah Pasar Surya (PDPS) Surabaya mengakui, memang sudah pernah dilakukan pembahasan rencana revitalisasi Pasar Tunjungan. Dalam konsepnya, Pasar Tunjungan akan direvitalisasi total dan dijadikan pusat perdagangan serta kegiatan masyarakat di tengah kota seperti sentra UKM, pertokoan dan perkantoran.

"Dengan revitalisasi itu diharapkan Pasar Tunjungan mampu mengakomodir pedagang dan keinginan masyarakat Surabaya. Namun memang masih terus dikaji," ujarnya dalam rilis yang disebar awal Januari tahun 2019 ini.

Menurut dia belum terealisasinya rencana revitalisasi ini bagian dari bentuk kehati-hatian Pemkot Surabaya dalam memberikan penyertaan modal kepada PD Pasar Surya yang kondisi keuangannya belum sehat.

Berdasar pengalaman tahun 2015 dan 2016 saat Pemkot Surabaya memberikan penyertaan modal Rp20 Miliar kepada PDPS untuk biaya revitalisasi beberapa pasar. Seperti Pasar Kembang, Pasar Pucang, Pasar Tembok Dukuh, dan Pasar Keputran Utara, yang ternyata belakangan PDPS terkena masalah perpajakan.

Dalam masalah itu, rekening PDPS diblokir total pada tahun 2017. "Sehingga Pemkot Surabaya lebih hati-hati untuk melakukan penyertaan modal," ujarnya.

Lantas mengapa revitalisasi harus menunggu penyertaan modal dari Pemkot? Ferry mengatakan, PD Pasar Surya tidak mampu mendanai revitalisasi itu. Sebab, estimasi biaya revitalisasi Pasar Tunjungan membutuhkan dana hingga Rp100 miliar.

Revitalisasi itu rencananya dilakukan dengan dua opsi. Pertama, jika kondisi keuangan PD Pasar Surya sudah baik, Pemkot Surabaya baru akan memberikan penyertaan modal. Kedua, Pemkot Surabaya terlebih dulu akan mengambil alih aset Pasar Tunjungan, setelah revitalisasi selesai, kemudian akan diserahkan ke PD Pasar Surya lagi.

Pewarta : M. Bahrul Marzuki
Editor : Sri Kurnia Mahiruni
Publisher : Sandi Alam
Sumber : Surabaya TIMES
-->
Redaksi: redaksi[at]surabayatimes.com

Informasi pemasangan iklan
hubungi : info[at]surabayatimes.com | marketing[at]surabayatimes.com
Top