Tak Hanya Menarik, Kenjeran Juga Tawarkan Hasil Olahan Laut

Nurul pengrajin hasil aksesoris laut di Kenjeran
Nurul pengrajin hasil aksesoris laut di Kenjeran

SURABAYATIMES – Jalan-jalan ke Kota Surabaya belum lengkap jika belum membeli buah tangan khas. Ada banyak pilihan buah tangan yang ditawarkan di Kota Pahlawan ini, salah satunya keripik hasil laut yang banyak dijual masyarakat di kawasan Kenjeran.

Beragam hasil laut yang melimpah oleh warga sekitar diolah menjadi keripik yang gurih dan patut dijadikan oleh-oleh untuk keluarga di rumah. Olahan laut yang bisa dijadikan buah tangan diantaranya adalah keripik teripang, keripik terung, keripik lambung ikan, keripik lorjuk, keripik gerinting udang, keripik kulit ikan, juga keripik layur.

Selain keripik, warga sekitar juga banyak yang memanfaatkan hasil laut tersebut untuk menjadi kerajinan tangan yang menarik. Hasil laut yang dimanfaatkan sebagai bahan baku utamanya berasal dari hewan-hewan yang bercangkang seperti kerang dan keong laut. 

Bahan-bahan tersebut nantinya akan diolah terlebih dahulu, setelah diolah bahan dapat dirangkai menjadi bingkai foto, hiasan dinding, kap lampu, gantungan kunci hingga tirai kerang.

Nurul, salah seorang pengrajin aksesoris di kawasan Kenjeran mengaku telah berjualan sejak 30 tahun yang lalu. Ia menyampaikan dalam sehari omset yang didapat bisa mencapai Rp b300 ribu, bahkan di hari libur omsetnya bisa mencapai Rp 500 ribu perhari.

Pusat kerajinan tangan di kawasan Kenjeran ini dibuka setiap hari mulai pukul 10.00 sampai 17.00 WIB, pengunjung yang datang juga bisa mencoba membuat kerajinan tangan sendiri di workshop yang ada di kawasan kenjeran tersebut.

Pewarta : M. Bahrul Marzuki
Editor : Sri Kurnia Mahiruni
Publisher : Sandi Alam
Sumber : Surabaya TIMES
-->
Redaksi: redaksi[at]surabayatimes.com

Informasi pemasangan iklan
hubungi : info[at]surabayatimes.com | marketing[at]surabayatimes.com
Top