Cukup Keluarkan Rp 2 Ribu, Warga Kota Santri Bisa Dapatkan Hidangan Buka Puasa

Terlihat Pengurus Warung Nabung Berkah Saat Melayani Pembeli di Depan Kantor LSPT Ponpes Tebuireng Jombang. (Foto : Adi Rosul/JombangTIMES)
Terlihat Pengurus Warung Nabung Berkah Saat Melayani Pembeli di Depan Kantor LSPT Ponpes Tebuireng Jombang. (Foto : Adi Rosul/JombangTIMES)

SURABAYATIMES, JOMBANG – Bagi warga Kabupaten Jombang tidak perlu khawatir untuk memenuhi kebutuhan dalam berbuka puasa di bulan Ramadan ini.

Kali ini, Pondok Pesantren Tebuireng Jombang akan mempersiapkan ratusan paket makanan hidangan buka puasa bagi para warga kurang mampu.

Cukup mengeluarkan Rp 2 Ribu, setiap warga kota santri bisa membawa pulang hidangan buka puasa.

Melalui Lembaga Sosial Pesantren Tebuireng (LSPT), Ponpes yang didirikan oleh KH Hasyim Asy'ari ini meluncurkan program kuliner murah bagi masyarakat kurang mampu yang sedang menjalankan ibadah puasa Ramadan 1439 Hijriyah. Hal tersebut diharapkan membawa manfaat bagi masyarakat sekitar Ponpes Tebuireng.

Dari penjelasan Direktur LSPT, Afif Abdul Rokhim bahwa program tersebut dinamainya Warung Nabung Berkah.

Pada program ini, masyarakat cukup mengeluarkan uang Rp 2 Ribu saja untuk bisa membawa pulang menu buka puasa yang sudah disiapkan.

"Kita jual ke masyarakat fakir miskin dan semua penarik becak yang berada sekitar Tebuireng,” ujar Afif Abdul Rokhim, Rabu (23/5).

Direktur LSPT itu juga mengatakan bahwa ide dari program Warung Nabung Berkah ini merupakan gagasan dari Pengasuh Ponpes Tebuireng, KH Salahuddin Wahid, yang merupakan adik kandung Presiden RI ke-4. 

“Gus Solah (sapaan KH Salahuddin Wahid, red) memiliki harapan agar masyarakat sekitar juga bisa makan makanan yang bergizi dengan harga yang murah, karena Gus Solah notabenenya merupakan Duta Gizi Indonesia,” kata Afif Abdul Rokhim menjelaskan.

Selanjutnya, Afif menerangkan bahwa Warung Nabung Berkah tersebut dibuka pada setiap harinya selama bulan Ramadan pada pukul 15.00 WIB, di depan kantor LSPT Jl Irian Jaya No 10, Tebuireng, Desa Cukir, Kecamatan Diwek, Kabupaten Jombang. 

“Warung ini menyediakan makanan yang distok dari pusat kuliner Tebuireng. Jika respon masyarakat baik, juga akan membuka beberapa cabang  yang akan disebarkan di seluruh wilayah Kabupaten Jombang,” terangnya.

Sementara, salah satu pengurus Ponpes Tebuireng, Teuku Azwani mengatakan bahwa dalam satu hari pengelola menyediakan 150 paket makanan. "Perlu diketahui, ini hanya untuk fakir miskin dan dhuafa," tegasnya menyampaikan.

Sekadar diketahui, dalam satu paket menu makanan yang disediakan Warung Nabung Berkah ini, berisi nasi dan lauk serta sayur yang dikemas dengan menggunakan styrofoam dan ditambah air mineral kemasan gelas dan juga kue.(*)

Pewarta : Adi Rosul
Editor : Heryanto
Publisher : Alfin Fauzan
Sumber : Jombang TIMES
-->
Redaksi: redaksi[at]surabayatimes.com

Informasi pemasangan iklan
hubungi : info[at]surabayatimes.com | marketing[at]surabayatimes.com
Top