Selama Mei, Seluruh Institusi Kesehatan di Surabaya Beri Diskon

Surabaya Health Season 2018 yang digelar di Taman Surya.
Surabaya Health Season 2018 yang digelar di Taman Surya.

SURABAYATIMESPemerintah Kota (Pemkot) Surabaya secara resmi membuka agenda yang bertajuk Surabaya Health Season (SHS) 2018. Selama bulan Mei, seluruh institusi kesehatan di Surabaya akan memberikan pelayanan dengan harga khusus (diskon).

Agenda tahunan ini merupakan salah satu rangkaian acara dari peringatan Hari Jadi Ke-725 Kota Surabaya (HJKS). Turut hadir dalam pembukaan tersebut, yakni seluruh direktur rumah sakit, kader kesehatan, danrem 084/Bhaskara Jaya, ketua organisasi profesi kesehatan, perwakilan dari seluruh puskesmas, rumah sakit, serta beberapa laboratorium klinik di Surabaya.

Dalam sambutannya, Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Surabaya Febria Rachmanita mengatakan, dengan dibukanya acara Surabaya Health Season (SHS) 2018, dia berharap agar ke depan seluruh instansi pelayanan kesehatan seperti rumah sakit, laboratorium hingga apotek semakin meningkatkan mutu pelayanan kepada masyarakat. Salah satu bentuk pelayanan tersebut, selama bulan Mei 2018, puluhan rumah sakit, klinik dan seluruh fasilitas kesehatan di Surabaya akan memberikan pelayanan dengan harga khusus untuk pelayanan kesehatannya.

“Selama bulan Mei akan dilakukan diskon pelayanan kesehatan mulai tanggal 1 hingga 31 Mei 2018,” kata Febria saat membuka acara SHS yang bertempat di Taman Surya Surabaya, (5/5) pagi.

Disampaikan Febria, Institusi pelayanan kesehatan di Kota Surabaya siap untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat. Diantaranya dengan memberikan akses berobat yang mudah kepada masyarakat. Di sisi lain, masyarakat Surabaya juga diimbau untuk membiasakan pola hidup sehat. “Kami harapkan bapak ibu sekalian untuk melaksanakan kegiatan promotif, preventif. Bahwa pencegahan itu lebih baik dari pada kuratif (mengobati),” ucapnya.

Pada acara SHS tahun ini, sambung dia, pihaknya mengambil tema “Keselamatan Pasien untuk Meningkatkan Kualitas Pelayanan Kesehatan”. Artinya, dia ingin menyampaikan kepada seluruh instansi kesehatan di Kota Surabaya agar lebih mengedepankan keselamatan pasien dan meningkatkan mutu pelayanan kesehatan. Selain itu, dia juga berpesan kepada masyarakat tentang pentingnya bagaimana mengatur pola hidup sehat. “Marilah kita bersama-sama melakukan pencegahan untuk meningkatkan derajat kehidupan masyarakat,” imbuh perempuan berkerudung ini.

Warga Surabaya yang hadir dalam acara tersebut pun tidak menyia-nyiakan adanya pelayanan kesehatan gratis yang telah disiapkan oleh panitia. Terlihat beberapa antrian warga untuk mendapatkan fasilitas kesehatan, seperti cek gula darah, kolesterol dan indeks massa tubuh (body mass index). 
Berbagai hadiah menarik juga disiapkan oleh panitia untuk meramaikan acara pembukaan SHS pagi ini. Disamping itu, kehadiran para pelaku UKM yang berjajar di stan-stan yang telah disiapkan oleh panitia juga mampu menarik minat pengujung untuk hadir meramaikan pembukaan SHS 2018.

Sementara itu, Ketua Panitia Surabaya Health Season (SHS) 2018 Pudjo Hartono menambahkan, dengan dibukanya SHS 2018, dia berharap ke depan seluruh pelayanan fasilitas kesehatan bisa lebih mengedepankan keselamatan pasien dan terlebih untuk terus meningkatkan mutu pelayanan kesehatan di masing-masing institusi kesehatan yang ada di Surabaya.

“Saat ini pelayanan kesehatan di Surabaya sudah semakin bagus. Kita ada tim kendali mutu. Jadi setiap ada masalah yang tidak nyaman kita lakukan evaluasi,” pungkas alumni Kedokteran Universitas Airlangga ini. (*) 

Pewarta : M. Bahrul Marzuki
Editor : Yunan Helmy
Publisher : Raafi Prapandha
Sumber : Surabaya TIMES
-->
Redaksi: redaksi[at]surabayatimes.com

Informasi pemasangan iklan
hubungi : info[at]surabayatimes.com | marketing[at]surabayatimes.com
Top