Teken Komitmen, Bupati Malang Rendra Kresna Siap Kuatkan Pemerintahan Bersih

Dua dari kiri, Bupati Malang Dr H Rendra Kresna bersama seluruh Bupati dan Wali Kota se-Jatim menandatangani komitmen pengendalian gratifikasi dengan KPK di Gedung Negara Grahadi, Surabaya, Senin (10/07) (foto: beritalima.com)
Dua dari kiri, Bupati Malang Dr H Rendra Kresna bersama seluruh Bupati dan Wali Kota se-Jatim menandatangani komitmen pengendalian gratifikasi dengan KPK di Gedung Negara Grahadi, Surabaya, Senin (10/07) (foto: beritalima.com)

SURABAYATIMES, MALANG – Hari ini bersama bupati dan wali kota lainnya, Bupati Malang, Dr H Rendra Kresna melakukan penandatangan komitmen pengendalian gratifikasi yang dihadiri oleh Gubernur Jatim Soekarwo serta Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), yang diwakili Agus Raharjo.

Hal tersebut tentu semakin mengukuhkan Kabupaten Malang dalam komitmennya memerangi tindak korupsi. Seperti diketahui, di awal tahun 2017, Kabupaten Malang telah memiliki kebijakan yang diinisiasi oleh Bupati Malang  sebagai Wilayah Bebas Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM).

Pencanangan pembangunan zona integritas bagi para Aparatur Sipil Negara (ASN) ini bahkan lebih dulu ada dibandingkan Komitmen Pengendalian Gratifikasi yang ditandatangani oleh seluruh Bupati dan Wali Kota se-Jawa Timur (Jatim), Senin (10/07) di Gedung Negara Grahadi, Surabaya.

WBK dan WBBM di Kabupaten Malang, menurut Rendra sebagai pondasi kuat dalam memerangi praktik korupsi di dalam pemerintahan sekaligus sebagai acuan kerja yang lebih bersih dan produktif bagi seluruh ASN dalam melayani masyarakat.

"Artinya, penandatanganan komitmen pengendalian gratifikasi tadi sudah memiliki pondasi yang telah berjalan di Kabupaten Malang. Kita siap menjalankannya," kata Rendra Kresna, Senin (10/07).

Penandatanganan komitmen di Surabaya tersebut dalam upaya menolak dan mengendalikan praktik gratifikasi yang masih terus terjadi di wilayah Jatim. Seperti yang terjadi di Surabaya dan Mojokerto dengan adanya Operasi Tangkap Tangan (OTT) KPK, beberapa bulan kemarin.

Bupati Malang menandatangani komitmen zona integritas wilayah bebas Korupsi dan wilayah birokrasi bersih dan melayani di Pengadilan Negeri, Kepanjen, April 2017 lalu (Nana)

Rendra Kresna menyatakan bahwa wilayah Kabupaten Malang tentunya siap menjalankan komitmen dalam pengendalian gratifikasi dan korupsi. "Kita memiliki tanggung jawab menciptakan lingkungan berintegritas dan memberikan pelayanan yang prima kepada masyarakat. Itu komitmen kita selama ini," ujarnya.

Kabupaten Malang sejak awal tahun selain telah mencanangkan WBK dan WBBM, juga telah memiliki Satgas Pungli, Unit Pengendalian Gratifikasi (UPG) yang melibatkan Kepolisian, Kejaksaan, Pengadilan Negeri serta unsur TNI melalui Kodim 0818.

"Komitmen kita sudah ada, satgas juga bekerja dan membantu proses pengendalian gratifikasi dan korupsi," ujar Rendra yang sekali lagi siap menguatkan terciptanya pemerintahan bersih di wilayah yang dipimpinnya.

Sementara itu seperti dilansir beberapa media massa, perwakilan KPK Agus Raharjo menuturkan, komitmen pengendalian gratifikasi harus terus ditanamkan dalam hati nurani setiap kepala daerah. Langkah pencegahan ini perlu ditanamkan, terutama pada kepala daerah yang telah melakukan tandatangan komitmen pengendalian gratifikasi.

“Penandatanganan komitmen ini untuk kebaikan masyarakat di Indonesia umumnya dan di daerah yang dipimpin oleh Bapak dan Ibu,” ujarnya.

Agus juga berharap penandatanganan tersebut tidak hanya dijadikan seremoni belaka, tapi dijadikan momentum serta landasan dalam penerapan program-program pengendalian gratifikasi di wilayah. 

"Sehingga tidak ada lagi pejabat yang ditangkap karena kasus gratifikasi/korupsi di Jatim," harap Agus. 

Pewarta : Nana
Editor : Sri Kurnia Mahiruni
Publisher : Raafi Prapandha
Sumber : Malang TIMES
  • Dispendik Sinkronisasi Pendataan Aset Sekolah Lewat Aplikasi

    Bagian Layanan Pengadaan dan Pengelolaan Aset Pemkot Surabaya, Dinas Pendidikan (Dispendik) akan melakukan sinkronisasi pendataan aset sekolah melalui aplikasi. ďAset-aset yang ada di Dispendik terutama di sekolah-sekolah harus disamakan datanya denga

  • Persebaya Target Tembus Final PGK 2018

    Persebaya Surabaya siap menyambut ajang pemanasan jelang Liga 1 2018, yakni Piala Gubernur Kaltim (PGK) 2018. Persebaya mencanangkan capaian lebih baik dibandingkan partisipasi di Piala Presiden 2018. Artinya, Persebaya membidik target menembus babak semi

  • Awal Jadi PNS Gubernur Jatim Digaji Rp 26 Ribu, Ini Kisahnya

    Gubernur Jawa Timur, Dr. H. Soekarwo meminta seluruh Aparatur Sipil Negara (ASN) Pemprov Jatim yang memasuki masa purna tugas untuk bersyukur. Salah satu alasannya, mereka bisa menjalani purna tugas dalam keadaan sejahtera dan baik atau khusnul khotimah.

  • Wali Kota Surabaya Berbagi Tips Hindari Penculikan Anak

    Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini mengimbau kepada seluruh masyarakat Surabaya, khususnya para orang tua agar lebih waspada terhadap kasus penculikan anak. Maraknya kasus penculikan dan kekerasan terhadap anak membuat dirinya terus mengingatkan kepada ma

  • Kiai Ponpes Al-Falah Diteror, Kapolresta Kediri Amankan Satu Orang Mencurigakan

    Santer berita yang beredar di WA Grup terkait pengancaman kepada Kiai dan Masayikh Pondok Pesantren Al- Falah Ploso, Mojo, Kabupaten Kediri, Jawa Timur membuat geger pihak ponpes dan kepolisian.

  • Bude Karwo Resmikan Galeri Kerajinan Seni Khas Jawa Timuran

    Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Provinsi Jatim Dra. Hj. Nina Soekarwo, MSi, meresmikan Galeri Ida yang terletak di Jl. Gayongkebonsari No. 113, Surabaya, Senin (19/02). Galeri ini berisi berbagai macam kerajinan seni khas Jawa Timuran,

  • Persebaya Datangkan Striker Asal Brazil

    Ada wajah baru dalam sesi latihan Persebaya Surabaya di Lapangan Olahraga Polda jatim, Senin (19/2) sore. Terlihat sosok tinggi menjulang dengan wajah khas Latin bergabung dalam latihan Rendi Irwan dkk. Sosok itu bernama lengkap Pedro Henrique Cortes Oli

  • Tegas, Dishub Larang Bus Sari Indah Beroperasi

    Video pemerasan yang diduga dilakukan oleh calo atau crew bus Sari Indah kepada salah seorang penumpang bus di Terminal Purabaya beberapa hari lalu direspon secara tegas oleh Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Surabaya.

  • Ajak SPG Aduhai, Polisi Lakukan Ini di Jalan

    Satlantas Polrestabes Surabaya terus melakukan sosialisasi penggunaan Frontage, Jalan Ahmad Yani. Bahwa roda dua harus menggunakan jalur sebelah sisi barat.

  • Produser Pengorbit Nella Kharisma Ini Lepas Masa Lajang

    Kabar bahagia datang dari produser musik Iswanto. Pria yang akrab disapa Mas Pancal ini mengakhiri masa lajangnya di usia 32 tahun. Dia mempersunting gadis asal Banyuwangi Sindy Purbawati. Akad nikah dilakukan di Banyuwangi. Sementara resepsi berlangsung

  • Awas Calo PNS Incar Warga Surabaya

    Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya mengimbau warga Surabaya mewaspadai penipuan penerimaan dan pengangkatan calon pegawai negeri sipil (CPNS) yang dilakukan oleh oknum-oknum tidak bertanggung jawab. Sebab, akhir-akhir ini beredar rumor melalui media tentan

  • Di Tengah Image Negatif Kepala Daerah, Mereka Terus Berinovasi Menjadi Yang Terbaik di Indonesia

    Bagaimana cara menilai kepala daerah yang baik saat mereka mengemban amanah masyarakat daerahnya? Tentunya banyak indikator untuk menilainya. Salah satunya dengan melihat sisi inovasinya dalam membangun daerah, baik di bidang kesehatan, pendidikan, kemis

Redaksi: redaksi[at]surabayatimes.com

Informasi pemasangan iklan
hubungi : info[at]surabayatimes.com | marketing[at]surabayatimes.com
Top