Bupati Malang Rendra Kresna Tanyakan Langsung Keluhan Warga di Posko Pengobatan Massal Sumberputih

Bupati Malang Dr H Rendra Kresna melihat dan berdialog bersama warga mengenai permasalahan kesehatan dalam acara pengobatan massal gratis dalam TMMD ke-99 di desa Sumberputih, Wajak, Selasa (4/7/2017) (Nana/MalangTIMES)
Bupati Malang Dr H Rendra Kresna melihat dan berdialog bersama warga mengenai permasalahan kesehatan dalam acara pengobatan massal gratis dalam TMMD ke-99 di desa Sumberputih, Wajak, Selasa (4/7/2017) (Nana/MalangTIMES)

SURABAYATIMES, MALANG – Bupati Malang Dr H Rendra Kresna meluncurkan Gerakan Hidup Sehat di tahun ini dalam upaya menumbuhkan kesadaran kesehatan masyarakat Kabupaten Malang.

Tidak sekadar melahirkan berbentuk gerakan semata, Rendra juga dalam setiap kegiatannya menyempatkan berdialog dengan masyarakat mengenai berbagai keluhan kesehatan yang menimpa mereka.

Hal ini kembali terlihat dari kegiatan Tentara Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-99 yang dilaksanakan di Desa Sumberputih, Kecamatan Wajak, Selasa (4/7/2017) yang diisi juga dengan kegiatan pengobatan massal.

Bupati Malang ajak dialog berbagai keluhan kesehatan yang menimpa warga desa Sumberputih, Wajak, Selasa (04/07) (Nana)

Pengobatan massal gratis yang dilaksanakan oleh Dinas Kesehatan, Kodim 0818, Puskesmas Wajak dan PPNI merupakan bagian dari kegiatan TMMD ke-99 yang berlangsung dari tanggal 04 Juli 2017 sampai dengan awal bulan Agustus 2017.

Di posko pengobatan massal gratis tersebut, Rendra setelah selesai upacara pembukaan TMMD ke-99 langsung mengunjunginya dan berdialog dengan warga yang rata-rata berusia lanjut yang berobat di sana.

Rendra menyapa dan menanyakan berbagai keluhan warga Sumberputih yang memanfaatkan pengobatan gratis tersebut. "Apa keluhannya jenengan, mbh?"tanya Rendra kepada warga yang duduk mengantri untuk diperiksa.

Para warga yang tergolong lanjut usia ini, setelah bersalaman dengan Bupati Malang menyampaikan keluhannya yang didominasi oleh penyakit saluran pernafasan.

"Sesak niki pak Bupati,"kata Mbah Saritem (71) sambil memegang dadanya. Jawaban serupa juga disampaikan beberapa warga kepada Rendra yang mendapat sambutan meriah dari warga desa Sumberputih.

Penyakit yang diduga Ispa (Inspeksi Saluran Pernafasan) ini sempat ditanyakan musababnya kepada warga dan juga Kepala Dinas Kesehatan. Jawaban senada dari keluhan tersebut dikarenakan wilayah tanah Sumberputih yang bercampur pasir membuat jalanan yang dilewati selalu dipenuhi debu terutama di musim kemarau ini.

Rendra juga menanyakan mengenai persediaan obat kepada petugas kesehatan yang bertugas di posko Pengobatan. "Obat-obatan gratis siap di dalam pak,"jawab salah satu petugas. 

Posko pengobatan gratis dalam kegiatan TMMD ke-99 ini memang dibangun secara sederhana yaitu didepan rumah warga. Dengan terop dan puluhan kursi serta meja periksa petugas. Sedangkan untuk obat-obatan medisnya disimpan di dalam rumah warga yang halamannya ditempati posko.

Selain menanyakan keluhan warga, Rendra juga mengawasi proses pemeriksaan warga yang dilakukan oleh petugas kesehatan yang terlihat  cekatan memeriksa warga.

Salah satu warga, Mbah Karjo (74) yang sedang diperiksa tensi darahnya karena selalu mengeluh pusing, setelah diperiksa diajaknya berdialog oleh Bupati Malang.

"Tensi darahnya ketinggian jenengan Mbah, makanya mumet. Coba nanti kasih obatnya, mbk,"ujar Rendra setelah melihat hasil pemeriksaan tensi darah si Mbah yang mencapai 160 lebih, sambil menyarankan untuk mulai merubah pola konsumsi makannya.

Pewarta : Dede Nana
Editor : Heryanto
Publisher : Debyawan Dewantara Erlansyah
Sumber : Malang TIMES
  • Pemprov Ubah Komposisi SMK 70 Persen dan SMA 30 Persen

    Dengan berlakunya Undang Undang Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah, Pemprov Jatim langsung melakukan komitmen dalam vokasional. Langkah yang dilakukan oleh Pemprov Jatim adalah mengubah komposisi persentase SMA dan SMK. Dari 70:30 menjadi 30:

  • Soekarwo Dapat Gelar Bangsawan dari Masyarakat Sulawesi Selatan

    Gubernur Jatim Soekarwo menerima gelar kehormatan dari warga Sulawesi Selatan. Yaitu "I Lewa Daeng Mannimbang". Penyematan tanda kehormatan diwakili Gubernur Sulawesi Selatan Syahrul Yasin Limpo.

  • Persebaya Tekuk PSMP 4-0

    Persebaya Surabaya menutup Babak 8 Besar Liga 2 dengan sempurna setelah menekuk PSMP 4-0 di Gelora Bandung Lautan Api (GBLA), Selasa (21/11) sore tadi. Bajul ijo kini segera menatap laga semifinal Liga 2.

  • Demokrat Tunjuk Emil Pendamping Khofifah di Pilgub Jatim

    Siapa bakal pasangan Khofifah Indar Parawansa untuk maju dalam pemilihan Gubernur Jatim 2018 masih menjadi teka-teki hingga saat ini. Karena Khofifah tidak hanya diusung oleh satu partai saja.

  • Musim Hujan Waspadai Penyakit yang Ditularkan Tikus Ini

    Masyarakat Kota Surabaya diimbau untuk mewaspadai potensi timbulnya penyakit di musim hujan. Terutama penyakit yang ditularkan oleh binatang. Kewaspadaan ini bisa dimulai dengan membiasakan hidup bersih di lingkungan tempat tinggal masing-masing.

  • Awas 'Kapolrestabes' Mau Menipu

    Bahwa dalam momentum seperti saat ini biasanya banyak orang tidak bertanggung jawab mengaku sebagai kepala Polrestabes Surabaya. Yang baru maupun yang lama. Hingga sangat perlu diwaspadai.

  • 41 Perusahaan Surabaya Cari 1533 Tenaga Kerja

    Kota Surabaya melalui Dinas Tenaga Kerja Kota Surabaya kembali menggelar Bursa Kerja Terbuka (Job Market Fair) 2017. Bertempat di Gedung Wanita Chandra Kencana, Jalan Kalibokor Selatan, Selasa (21/11). Di sana ribuan pencari kerja terlihat memadati lokasi

  • Serapan Lima SKPD Pemkot Surabaya Masih Rendah

    Lima satuan kerja perangkat daerah (SKDP) Pemkot Surabaya mendapat sorotan dari kalangan DPRD Surabaya. Pasalnya, lima SKPD itu dinilai memiliki serapan anggaran rendah. Yakni tidak sampai 70 persen. Padahal, tahun anggaran APBD 2017 tinggal satu setengah

  • Kapasitas Produksi Perusahaan di Jatim Merosot, Kenaikan UMK Hanya 8,71 Persen

    Gubernur Jawa Timur Soekarwo meminta buruh atau pekerja untuk mengetahui perihal turunnya produksi perusahaan serta daya beli masyarakat saat ini. Untuk itu, buruh atau pekerja perlu melihat dan mengecek ke perusahaan di Jatim terkait kapasitas produksi

  • Dua Jempol, Dua Penghargaan Terbaik Pariwisata Diborong Kabupaten Malang

    Komitmen membangun dunia pariwisata di Kabupaten Malang bukan isapan jempol belaka. Terutama kiprah, dedikasi, dan keteguhan kepala daerahnya dalam menerapkan kebijakan yang terarah, integral, dan kontinyu mengawal derap pembangunan kepariwisataan.

  • Ide Muncul di Warung Kopi, Ini Medsos Keren ala Arek Suroboyo

    Mulai bosan dengan media sosial (medsos) mainstream Facebook atau Twitter? Arek-arek Suroboyo bisa mencoba beralih pada koncoan.com. Sosmed ini merupakan bikinan asli warga Surabaya.

  • Terapkan Rotasi Pemain, Bajul Ijo Tetap Yakin Kalahkan PSMP

    Persebaya Surabaya ingin bermain tanpa beban menyambut pertandingan terakhir di grup Y melawan PS Mojokerto Putra (PSMP), Selasa (21/11) sore nanti. Meski akan banyak merotasi pemain, tim berjuluk Bajul Ijo itu tetap menargetkan diri untuk menang.

Redaksi: redaksi[at]surabayatimes.com

Informasi pemasangan iklan
hubungi : info[at]surabayatimes.com | marketing[at]surabayatimes.com
Top