Gus Ipul Terancam Tersingkir, Demokrat Akan Buka Pendaftaran Bacagub - Bacawagub

Gubernur Jatim, Dr Soekarwo (foto: adi s/surabayaTIMES)
Gubernur Jatim, Dr Soekarwo (foto: adi s/surabayaTIMES)

SURABAYATIMES – Meski Wakil Gubernur Jawa Timur, Saifullah Yusuf telah mendaftar bakal cagub Jatim ke DPD Partai Demokrat Jatim, bukan berarti partai berlambang segitiga mercy mendukungnya.

Posisi Gus Ipul (sapaan akrab Saifullah Yusuf) terancam tersingkir karena Partai Demokrat kemungkinan akan kembali membuka jadwal pendaftaran dalam waktu dekat.

Rencananya, pendaftaran tersebut akan dilakukan Demokrat untuk menjaring nama calon gubernur maupun wakil gubernur untuk diusung partai berlambang mercy tersebut. 

Ketua DPD Demokrat Jatim, Soekarwo, partainya ingin memastikan fungsi untuk melahirkan pemimpin daerah dapat berjalan. Satu di antaranya melalui proses seleksi. 

"Saya rasa wajar apabila kami merencanakan untuk ikut membuka pendaftaran. Sebab, semua partai, termasuk Demokrat memiliki tugas untuk ikut melahirkan calon-calon pemimpin," kata Soekarwo, Rabu (21/6/2017)

Menurut Soekarwo, proses seleksi tersebut menjadi bukti bahwa pihaknya tak melakukan rekrutmen calon kepala daerah secara asal-asalan.

"Partai kan fungsinya memang menjaring calon pemimpin. Terkait bagaimana prosesnya, itu bergantung masing-masing partai. Demokrat kemungkinan akan melalui proses pendaftaran yang selanjutnya akan diseleksi," jelasnya. 

Nantinya, DPD bersama DPP Demokrat akan kembali membahas detail mekanisme penjaringan tersebut. Partai Demokrat bisa membuka pendaftaran untuk calon gubernur, wakil gubernur, atau bahkan keduanya.

"Kami sedang membahasnya bersama mas Ibas (Edi Baskoro Yudhoyono, ketua Badan Pemenangan Pemilu Partai Demokrat). Kami petakan kembali, terkait peluang mana yang akan kami ambil," kata Pakde. 

Dalam merumuskan rencana pembukaan pendaftaran, pihaknya juga harus mempertimbangkan kondisi partai. Misalnya, jumlah kursi di DPR. Terkait hal tersebut Soekarwo mengaku sudah memaparkan bersama DPP.

Terkait calon mana yang berpeluang paling besar akan dipilih partai Demokrat, Soekarwo menyebut semua memiliki kesempatan sama besar.

"Kan keputusannya masih ada di tangan Majelis Tinggi. Untuk saat ini, peluangnya belum tertutup dan semua masih memiliki kans yang sama," pungkas Gubernur dua periode tersebut.

Seperti diketahui bakal calon gubernur telah merapat ke partai dengan dominasi warna biru ini. Di antaranya, adalah bakal calon gubernur dari Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Saifulah Yusuf (Gus Ipul). Diantar PKB, Gus Ipul telah melakukan pertemuan dengan jajaran pengurus Demokrat Jatim, awal bulan lalu (1/1/2017). 

Pewarta : Adi Supra
Editor : Heryanto
Publisher : Angga .
Sumber : Surabaya TIMES
Redaksi: redaksi[at]surabayatimes.com

Informasi pemasangan iklan
hubungi : info[at]surabayatimes.com | marketing[at]surabayatimes.com
Top